Headline News:
Home » » JURNAL 2 SISTEM INFORMASI

JURNAL 2 SISTEM INFORMASI

Jurnal 2
Penulis: Yogi Dwi Prakasa, Rinda Hesti Kusumaningtiyas, Ibnu Qoyim

RANCANG BANGUN SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN UNTUK PENGAJUAN PEMBIAYAAN PADA KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH 

a. Latar Belakang
Data Kementrian Koperasi dan UKM tahun 2012 Perkembangan Koperasi Jasa Keuangan Syariah di Indonesia cukup pesat. Adapun jumlah KJKS/UJKS koperasi per April 2012 adalah sekitar 4.117 unit dengan jumlah anggota sekitar 762 ribu anggota dan total asetnya mencapai Rp 5 triliun-Rp 8 triliun. Jumlah ini akan semakin bertambah pada masa mendatang seiring dengan perkembangan industri keuangan yang berbasis syariah.Berdasarkan fakta diatas maka Koperasi Jasa Keuangan Syariah memiliki kemampuan yang baik dalam menghimpun dan menyalurkan dana untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat. Dengan salah satu produknya yaitu pembiayaan. Dari hasil observasi yang telah dilakukan di Koperasi Jasa Keuangan Syariah AlFalah ditemukan bahwa sistem yang digunakan masih menggunakan Ms.Excel dimana tidak memiliki fitur untuk menentukan persetujuan pembiayaan, sehingga memerlukan waktu yang tidak sedikit sekitar 30 hari untuk menentukan persetujuan pembiayaan. Belum lagi kesulitan dalam pengambil keputusan pemberian pembiayaan.Dari temuan masalah-masalah yang ada pada sistem berjalannya, Koperasi Jasa Keuangan Syariah Al-Falah memerlukan pengembangan sistem untuk memperbaiki sistem yang ada.

 



b. Kesimpulan
Dari permasalahan yang dihadapi oleh KJKS Al-Falah, Jakarta Selatan dan berdasarkan uraian yang telah dipaparkan pada bab-bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa:

 1. Sistem yang dibangun dapat mengeluarkan hasil perhitungan keputusan sekitar 7 hari sehingga mempercepat manajer dalam menentukan keputusan pada nasabah produkproduk pembiayaan di koperasi jasa keuangan syariah Al-Falah.

2. Sistem yang dibangun dapat mempermudah manajer dalam melihat dan membaca hasil survei karena sistem memberikan laporan dengan angka real dan memberikan masukan dalam pengambilan keputusan.

3. Sistem yang dibangun dapat memberikan acuan perhitungan pasti dalam melakukan penilaian nasabah produk pembiayaan di koperasi jasa keuangan syariah Al-Falah yang sesuai dengan kriteria 5C dan tambahan 2 kriteria dari 7P, sehingga penilaian bersifat lebih objektif


c. Kelebihan dan Kekurangan 

Kelebihan
     Jurnal ini menuliskan secara rinci dan menjelaskan apa yang diteliti oleh jurnal ini. Memberikan informasi yang mudah di mengerti. Kata yang digunakan bagu dan menggunakan bahasa internasional. Menyertakan daftar pustaka. Memberikan skema dari hasil penelitian, seperti dampak positif dan negatifnya. Penulisan rapih, setiap pergantian paragraph selalu menjorong kedalam.

Kekurangan   
    Menurut saya jurnal ini tidak ada kekurangannya tetapi bagi pembaca untuk orang awam jurnal ini tidak mudah dimengerti

d. Daftar Pustaka
[1] L. D. d. J. L. W. Bentley, System Analysis and Design for the Global Enterprise Seventh Edition, New York: McGraw-Hill, 2007. [2] Kusrini, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Yogyakarta: Andi, 2007. [3] A. Sumiyanto, BMT menuju Koperasi Modern, Yogyakarta: ISES Publishing, 2008. [4] A. Karim, Bank Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008. [5] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualintatif dan R& D, Bandung: ALFABETA, 2008.


Share this article :
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
this is RYB ART | Site Meter
Copyright © 2012. RIZKY YANDA BAHRI ART COM - All Rights Reserved