Headline News:
Home » » JURNAL 1 SISTEM INFORMASI

JURNAL 1 SISTEM INFORMASI

Jurnal 1 
Penulis: A.Sulthoni

SISTEM INFORMASI E-COMMERCE PEMASARAN HASIL PERTANIAN DESA KLUWAN BERBASIS WEB 

a. Latar Belakang

      Era digital disebut pula era informasi, dimana informasi telah menjadi kebutuhan pokok dan komoditas baru. Era demikian di picu teknologi informasi (TI) yang berperan mempercepat dan meningkatkan keakuratan dalam pencatatan dan pengolahan data menjadi suatu informasi. Informasi pertanian merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam produksi dan tidak ada yang menyangkal bahwa informasi pertanian dapat mendorong ke arah pembangunan yang diharapkan.


      Informasi pertanian merupakan aplikasi pengetahuan terbaik yang akan mendorong dan mencpasar sebagai tempat bertemu produsen dan konsumen termasuk harga pasar, permintaan dan penawaran, sehingga para petani produsen hanya dapat menerima harga pasar yang pada umumnya ditentukan oleh para pedagang perantara Sebagai akibat lebih lanjut dari keadaan tersebut diatas maka batas harga ditingkat produsen dan di pasar lebih besar diperoleh para pedagang perantara bahkan kadang-kadang produsen hanya memperoleh pendapatan yang berupa biaya produksi tanpa keuntungan.


      Oleh sebab itu ilmu pengetahuan dan teknologi perlu di tanamkan kepada para petani kita agar mereka dapat mengetahui informasi pasar yang sedang berkembang pada masa seperti sekarang ini, untuk itu penulis ingin memberi solusi agar para petani tidak selalu di permainkan oleh para pedagang perantara tersebut dengan membuat “Sistem Informasi Ecommerce Pemasaran hasil Pertanian Desa Kluwan Berbasis WEB” Sebagai Judul skripsi yang akan penulis ajukan di mana nanti banyak pedagang luar daerah yang akan mengetahui tentang adanya hasil pertanian yang ada di desa kluwan. iptakan peluang untuk pembangunan dan pengurangan kemiskinan.


      Desa Kluwan adalah salah satu desa yang terletak di kecamatan penawangan kabupaten grobogan Jawa tengah Indonesia yang mempunyai luas wilayah 388,37 ha dan sebagian besar di gunakan untuk lahan sawah 233,17 ha(64,04%), Pekarangan dan bangunan 85,80 ha, tegalan/kebun 46,73 ha yang mana desa ini sangat berpotensi di bidang pertanian mengingat daerahnya yang subur dan terdapat jalur irigasi dari Kedung ombo,namun di balik itu terdapat masalah yang berhubungan dengan pertanian salah satunya masalah pemasaran hasil pertanian tidak berpihak pada petani,karna tidak adanya pengetahuan tentang.



b. Kesimpulan

1. ) Dengan adanya sistem informasi pemasaran hasil pertanian berbasis web, akan lebih memudahkan petani dalam menjual hasil pertanian mereka, sehingga petani akan lebih menghemat waktu serta biaya yang di keluarkan untuk mendapatkan pedagang yang akan membeli hasil pertanian yang mereka tanam, dan dapat lebih membantu pemerintah desa dalam mensejahterakan petani didesa tersebut.

2. ) Dengan diterapkanyasistem informasi pemasaran hasil pertanian dapat memberi keakuratan dalam jumlah hasil pertanian di desa kluwan, sehingga memudahkan pemerintah dalam mengatur kebijakan yang nantinya di terapkan bagi para petani didesa kluwan.

3. ) Dengan adanya sistem informasi ini, data hasil pertanian dapat terpantau dengan baik, sehingga saat pimpinan ingin mengetahui hasil penjualanperperiode dapat dilaporkan dengan cepat.


c. Kelebihan dan Kekurangan 

Kelebihan 
     Jurnal ini menuliskan secara rinci dan menjelaskan apa yang diteliti oleh jurnal ini. Memberikan informasi yang mudah di mengerti. Kata yang digunakan bagu dan menggunakan bahasa internasional. Menyertakan daftar pustaka. Memberikan skema dari hasil penelitian, seperti dampak positif dan negatifnya. Penulisan rapih, setiap pergantian paragraph selalu menjorong kedalam.

Kekurangan   
    Menurut saya jurnal ini tidak ada kekurangannya tetapi bagi pembaca untuk orang awam jurnal ini tidak mudah dimengerti

d. Daftar Pustaka

AndriKristanto, (2003), PerancanganSistemInformasid anAplikasinya, Jakarta. :GavaMedia. Budi SutedjoDharma Oetomo. (2002). Perancangan&Pengem banganSistemInformasi, Yogyakarta :Andi Offset. Handita Ditya Banu, Umar, Umi Fadlilah (2012). Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada Usantex, Surakarta : ISSN :1411-8890 HariantoKristanto.(2005).Konsepdan Perancangan Database. Yogyakarta :AndiOffset. Haryanti Sri .(2012).Rancang Bangun Sistem Informasi ECommerce Untuk Usaha Fashion Studi Kasus Omah Mode Kudus, Surakarta :ISSN :1979-9330 Jogiyanto.(2005). AnalisisdanDesainSistemInfor masi.Yogyakarta:Andi Offset. Kadir, A.(2009). Membuat Aplikasi Web dengan PHP + Database Mysql. Yogyakarta: Andi Offset. Koniyo Andri, Kusrini M.Kom (2007), Tuntutan Membangun System Informasi Kutasi Dengan Visual Basic Dan Microsoft SQL Server.Yogyakarta : Andi Offset. Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta : Salemba Empat. Kusrini dan Andri Koniyo. (2007). Tuntunan Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntansi dengan Visual Basic & Microsoft SQL Server. Yogyakarta: Andi. Marimin,M.Sc Prof.Dr.Ir, Ir. Hendri Tanjung, M.M.,M.Ag, Haryo Prabowo,S.P.,M.M. (2006) Sistem Informasi Manajemen Sumber daya Manusia, Bogor, Grasindo. McLeod R, (2005), Sistem Informasi Manajemen – Edisi Bahasa Indonesia, Penerbit: PT. Prenhallindo, Jakarta Mustakin . (2011).Aplikasi ECommerce Dalam Sistem Penjualan DiMboy’s Cell Demak,Skripsi STEKOM Semarang. Sarwono, Jonathan dan A.H, K Prihartono (2012). Perdagangan Online: Cara Bisnis di Internet.Jakarta:PT Elex Media Komputindo. Stanton, William J. 2001. Prinsip Pemasaran. Jakarta : Erlangga. Sugiyono (2011), MetodePenelitianKuantitatifKu alitatifdan R&D. Bandung :Alfabeta.



Share this article :
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
this is RYB ART | Site Meter
Copyright © 2012. RIZKY YANDA BAHRI ART COM - All Rights Reserved