Headline News:
Home » » Review Jurnal Teknologi Informasi

Review Jurnal Teknologi Informasi


REVIEW JOURNAL Teknologi Pembelajaran

Judul                                    :
Pengembangan Digital Book Interaktif Mata Kuliah Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Mahasiswa Teknologi Pendidikan
Penulis                                 :
Sella Mawarni
Abstrak                                :

Penelitian pengembangan ini bertujuan:
(1) menghasilkan produk digital book interaktif yang didesain untuk mata kuliah Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk mahasiswa Teknologi Pendidikan FIP UNY.
(2) mengetahui tingkat kelayakan produk yang dikembangkan. Metode penelitian ini mengacu pada model pengembangan Allesi & Trollip yang dikelompokkan atas tiga prosedur pengembangan, yakni:
(a) planning, 
(b) design, dan
(c) development yang dilengkapi dengan komponen atribut mencakupstandards, ongoing evaluation, dan project management.
 Penelitian ini menghasilkan produk digital book interaktif berupa Compact Disk (CD) berserta buku petunjuk. Hasil skor penilaian kelayakan produk melalui uji alpha pada ahli materi sebesar 3,39 (sangat layak) dan pada ahli media sebesar 3,54 (sangat layak). Selanjutnya pada uji betha kelompok kecil diperoleh skor hasil penilaian sebesar 3,64 (sangat layak) dan pada kelompok besar sebesar 3,37 (sangat layak). Penilaian kelayakan produk pada aspek pembelajaran didukung oleh perolehan rerata skor hasil belajar mahasiswa dan hasil unjuk kerja mahasiswa sesuai capaian pembelajaran.

Pendahuluan                        :
Produk yang dihasilkan oleh penulis Sella Mawarni adalah produk digital book interaktif yang didesain untuk mata kuliah Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk mahasiswa Teknologi Pendidikan FIP UNY selanjutnya Mengetahui tinngkat kelayakan produk yang dikembangkan.

Metode                                :
Metode penelitian ini mengacu pada model pengembangan Allesi & Trollip yang dikelompokkan atas tiga prosedur pengembangan.
Hasil Penelitian                   :
Hasil skor penilaian kelayakan produk melalui uji alpha pada ahli materi sebesar 3,39 (sangat layak) dan pada ahli media sebesar 3,54 (sangat layak). Selanjutnya pada uji bethakelompok kecil diperoleh skor hasil penilaian sebesar 3,64 (sangat layak) dan pada kelompok besar sebesar 3,37 (sangat layak).

Kesimpulan                         :
Berdasarkan hasil yang didapat pada penelitian ini penulis merumuskan  tujuan penelitian, pertanyaan peneli-tian, serta pembahasan hasil penelitian dan pengembangan produk digital book inter-aktif, maka dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Pertama, Produk digital book interaktif yang dihasilkan berupa ke-pingan Compact Disk (CD) berserta buku petunjuk (manual) yang dapat digunakan sebagai sumber belajar mata kuliah.


#Daftar Pusaka           :
·         Alessi, S. M., & Trollip, S. P. (2001). Multimedia for learning: methods and development (3rd ed.). Boston: Allyn and Bacon.
·         Budiningsih, C. A. (2005). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
·         Butcher, C., Davies, C., & Highton, M. (2006). Designing learning: from module outline to effective teaching. New York: Routledge.
·         Dopo, F. B., & Ismaniati, C. (2016). Persepsi guru tentang digital natives, sumber belajar digital dan motivasi memanfaatkan sumber belajar digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan,3(1), 13–24. https://doi.org/10.21831/tp.v3i1.828 0
·         Hardianto, D. (2011). Studi tentang minat baca mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan    UNY.     Majalah    Ilmiah Pembelajaran, 7(1), 108–121. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/mip/article/view/3218
·         Ivers,  K.  S.,  &  Barron,  A.  E.  (2002). Multimedia    projects    in    education:


       REVIEW JOURNAL PERKEMBANGAN TEKNOLOGI


Penulis                                 :
Muhammad Irsyad A.R
Abstrak                                :

Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi semakin maju dan berkembang dengan pesat. Begitu banyak teknologiyang telah diciptakan manusia saat ini untuk mempermudah kegiatan mereka, salah satu teknologi tersebut adalah komputer.
Komputer merupakan alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan serta komputer merupakanperangkat teknologi informasi dan komunikasi yang sudah menjadi bagian dari hidup manusia.
Pendahuluan                        :
-Perkembangan dan kemajuaan teknologi informasi dan komunikasi telah berkembang dengan sangat pesat. Berbagai kemudahan memperoleh informasi dari berbagai penjuru dunia dapat kita nikmati dalam hitungan detik. Pada saat ” Zaman Batu ” teknologi informasi dan komunikasi dianggap sebagai sesuatu yang tidak mungkin, kini telah menjadi kenyataan. Dengan teknologi yang luas ini kita harus dapat memanfaatkannya.
- Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Isi                                :    
Saat ini, komputer sudah semakin canggih. Tetapi, sebelumnya komputer tidak sekecil, secanggih, sekeren dan seringan sekarang. Dalam sejarah komputer, ada 5 generasi dalam sejarah komputer.Antara lain :

     1.      Generasi Pertama(1940-1959)
-Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.
-Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus tidak terlalu memengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan. Pertama, Colossus bukan merupakan komputer serbaguna(general-purpose computer), ia hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.{UNIVAC & IBM 605 dan 701}
     2.      Generasi Kedua(1959-1964)
-Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrikberkurang drastis.Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetikmembantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer
-IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energiatom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya.{UNIVAC3 & IBM 7070,7080,1600}
     3.      Generasi Ketiga(1964-1970)
Pada generasi ketiga inilah teknologi Integrated Circuit (IC) menjadi ciri utama karena mulai digunakan pada sebuah perangkat komputer hingga generasi sekarang. Komponen IC berbentuk hybrid atau solid (SLT) dan monolithyc (MST). SLT adalah transistor dan diode diletakkan terpisah dalam satu tempat sedangkan MST adalah elemen transistor, diode, dan resistor diletakkan bersama dalam satu chip. MST lebih kesil tetapi mempunyai kemmapuan lebih besar dibanding SLT.{IBM S/360 & UNIVAC1108}
     4.      Generasi Keempat(1970-1980-an)
-Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
-Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer.{PENTIUM}




     5.      Generasi Kelima(1980-Sekarang)
Pada generasi ini computer terus berkembang hingga ukurannya yang menjadi kecil dan semakin ringan untuk dibawa kemana mana.{Laptop,Pc,Intel,Amd}
Kesimpulan                         :
1.Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa komputer berkembang sejak 40-an. Computer sejak pertama kali dibuat sudah sampai pada tahap generasi kelimadan akan memasuki ke generasi masa depan. Dari geneasi ke generasi computer selalu mengalami perubahan-perubahan mulai dari pemakaian Vacuum tube (generasi pertama,) Resistor (generasi kedua), Integrated Circuit (generasi ketiga), Chip (generasi keempat) serta pemprosesan Pararel (generasi kelima) dan tidak bisa kita bayangkan betapa mutakhirnya generasi masa depan .
2.Perkembangan computer tersebut sangat berlangsung selama kurang lebih dalam kurun waktu 70 tahunan telah menghasilkan perubahan yang besar dari generasi ke generasi. Cara kerja dan alat yang digunakan pun berbeda-beda, ukuran computer pada masa generasi pertama sangat besar jika dibandingkan dengan computer sekarang. Kita tidak akan tahu di tuhun-tahun mendatang seperti apakah computer dan bagaimana funginya. Hanya kemajuan teknologilah yang bisa menjawab.

#Daftar Pusaka    :
·         https://aliflutfib.wordpress.com/2015/10/23/jurnal-ilmiah-sejarah-perkembangan-komputer-dari-masa-ke-masa/
 #Perbedaan Jurnal 1 & Jurnal 2
1.Pada jurnal pertama membahas tentang perkembangan metode pembelajaran melalui Digital E-Book sedangkan pada jurnal kedua membahas tentang perkembangan Teknologi Komputer dari tahun ke tahun.
2.Pada jurnal pertama bertujuan untuk menghasilkan digital e-book interaktif agar dapat mudah dimengerti oleh siswa/para pembaca,mengetahui tingkat kelayakan produk yang akan dikembangkan.
3.Pada jurnal kedua bertujuan untuk menjelaskan dan mengembangkan komputer dari generasi pertama dimana hanya terdapat komputer analog dan hybrid,dimana pada setiap tahunnya komputer tersebut berkembang hingga pada generasi yang terakhir yaitu generasi kelima dimana sekarang ukuran komputer lebih kecil dan juga mudah dibawa kemana-mana.Serta komputer sekarang sudah mempunyai kapasitas memori yang cukup besar.
4.Pada jurnal pertama dan kedua mempunyai kesamaan yaitu sama-sama ingin mengembangkan teknologi yang sudah ada untuk dapat berkembang menjadi yang lebih baik lagi,


Share this article :
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
this is RYB ART | Site Meter
Copyright © 2012. RIZKY YANDA BAHRI ART COM - All Rights Reserved